Friday, August 9, 2019

Cara Instal Wordpress di Localhost dengan XAMPP


Membuat website sendiri pastinya akan membutuhkan waktu lama,kesabaran dan pengetahuan di bidang Html dan Php.mempelajari Html dan Php memang bukanlah perkara yang mudah,hal ini pastinya membuat semangat anda untuk mendirikan website menjadi padam.namun dengan adanya Wordpress membuat dan mendesain website bukannlah hal yang susah bahkan bisa menjadi hal yang menyenangkan.banyak sekali kemudahan kemudahan yang diberikan Wordpress dalam membuat website,bahkan untuk pemula sekalipun akan sangat terbantu dengan adanya wordpress untuk menciptakan website yang mereka impikan tanpa perlu coding.

Kemudahan-kemudahan yang ada di Wordpress:

  1. Banyaknya Template yang sudah ada sehingga kita hanya perlu memperbaiki desainnya.
  2. Tersedia lebih dari 10000 plugin yang mempermudahkan kita membuat website.
  3. Bisa diakses secara offline dengan Localhost.
  4. Terdapat menu Customize sehingga mempermudah dalam hal mendesain website.
  5. Tersedia menu Post,Kategori,atur tampilan menu yang pastinya mempermudahkan kita.
Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara instal Wordpress di Localhost secara offline dengan menggunakan software XAMPP.langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

Cara Instal Wordpress di Localhost  dengan XAMPP

1.Pastikan anda telah menginstal XAMPP.Jika belum baca Cara Instal XAMPP di Windows.
2.Dawnload Wordpress versi terbaru di website Wordpress.Org Indonesia disini.
3.Extract zip yang telah kamu dawnload yang berisi folder Wordpress di  folder XAMPP tepatnya di dalan folder htdocs.contoh :"C:\xampp\htdocs",disitu letak folder XAMPP saya.
4.Buka XAMPP dan start pada Apache dan MySQL.
5.Buka Web Browser kesayanaganmu lalu kunjungi alamat "localhost/wordpress",disini pemanggilan menggunakan nama folder yang kita extract di htdocs,folder yang saya extract tadi memiliki nama wordpress oleh karena itu untuk pemanggilannya dengan menggunakan alamat "localhost/wordpress".Jika anda mengganti nama folder yang telah diekstarak tadi pemanggilan alamat dengan mencantumkan nama folder "localhost/Nama folder Wordpress ...".
6.Setelah berhasil dipanggil pilih bahasa yang anda inginkan untuk Wordpress.disini saya memilih Bahasa Indonesia.Setelah selesai memilih klik lanjutkan,pada halaman berikutnya klik Ayo!.
7.Isikan form di bawah setelah selesai klik kirim.

  • Nama Basis Data isi sesuai nama database baru yang telah kamu buat,disini saya telah membuat database dengan nama websiteku.jika belum tau cara membuat database baca juga Cara Membuat Database Baru di Localhost.
  • Karena Menggunakan XAMPP untuk nama pengguna yang telah di set oleh aplikasi XAMPP adalah "root" dan password di kosongkan.nama pengguna dan sandi yang diinputkan berfungsi mengakses database di PhpMyAdmin.
  • Host Basis Data isi localhost karena kita menggunakan server offline yaitu localhost.
8.Lanjutkan dengan mengklik Jalankan Pemasangan.
9.Isi data Sesuai yang anda inginkan untuk mengakses halaman admin nanti,setelah selesai klik instal Wordpress.
  • Judul Situs:Masukkan judul situs yang ingin anda buat.
  • Nama Pengguna :Atur nama penguna sesuai kemauan anda,biasanya menggunkan nama asli.
  • Sandi:Masukkan sandi anda yang akan digunkan untuk mengakses halaman admin nanti,klik from setujui menggunkan sandi yang lemah jika sandi yang anda inputkan masih lemah.anda bisa menggunakan kolaborasi antara simbol,angka,huruf besar dan huruf kecil sebagai sandi agar semakin aman,disini saya menggunakan sandi yang singkat agar saya tidak lupa dengan sandi saya karena nantinya akan digunakan untuk mengakses halaman admin di Localhost.
  • Email Anda :isi sesuai email yang kamu miliki.
10.setelah proses selesai anda akan disuruh login dengan menggunakan Username dan Sandi yang telah anda buat.
11.Dan akhirnya selesai juga,sekarang anda bisa membuat website yang anda inginkan di halaman admin anda.

*Note:Untuk mengakses halaman admin kunjungi halaman "localhost/Nama folder Wordpress.../wp-admin" atau  "localhost/Nama folder Wordpreess.../admin",contohnya:"localhost/wordpress/admin".


Dengan adanya Wordpress anda bisa membuat website sebagus mungkin tanpa harus susah payah ngoding.Wordpress juga merupakan cara tercepat membuat website yang menarik dengan waktu yang singkat.Worpress offline bisa menjadi media anda belajar membuat website atau mungkin juga anda ingin membuat website yang sebagus mungkin di komputer anda yang nantinya bisa anda publish secara online saat telah selesai.

Sekian Penjelasan mengenai Cara Instal Wordpress di Localhost dengan XAMPP,semoga artikel kali ini bisa berguna untuk anda😃.

No comments:

Post a Comment