Thursday, August 8, 2019

Perbedaan Hardware dan Software Serta Hubungannya dan Contohnya


Perkembangan komputer setiap tahun semakin pesat.Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang sangat besar,semakin tahun komputer selalu diperbaiki sehingga terciptalah komputer seperti saat ini yang lebih mudah digunakan oleh siapa saja.Komputer memiliki dua komponen utama yaitu Hardware dan Software.di postingan kali ini saya akan membahas perbedaan antara Hardware dan juga Software agar kalian lebih memahaminya,so langsung saja ke pembahasan.

Perbedaan Antara Hardware dan Software

Hardware atau perangkat keras adalah bagian dari komputer yang memiliki bentuk fisik sehingga dapat dipegang ,dipindahkan dan dilihat oleh mata secara langsung.Hardware memungkinkan pengguna bisa memasukkan inputan yang diinginkan di komputernya.
Software atau perangkat lunak adalah bagian dari komputer yang hanya dapat dilihat di layar monitor yang tercipta dari sekumpulan kode yang dibuat sehingga memiliki fungsi tertentu.Software membuat perintah perintah tertentu agar bisa di proses di Hardware,Contohnya menyimpan file ke Hardware dan masih banyak lagi.

Setelah kita tau perbedaan antara Hardware dan Software kita pasti bertanya apa hubungan antara Hardware dan Software? dan apakah Hardware bisa berjalan tanpa software dan sebaliknya?.

Hubungan antara Hardware dan Software

Hardware dan juga Software adalah dua komponen utama yang saling membutuhkan,sehingga jika hanya salah satu yang ada tidak mungkin bisa dijalankan.Jika kita hanya memiliki Hardware saja apakah kita hanya memandangi monitornya saja karena kita tidak bisa menginputkan sesuatu,sebaliknya Software tidak mungkin bisa berjalan tanpa adanya Hardware.jadi hubungan Hardware dan Software adalah Hardware sebagai media komputasi yaitu media pengguna melakukan inputan ke Software komputer dan media memproses code code yang dikirimkan software untuk melakukan suatu proses tertentu,Software sebagai media menerima input dari pengguna atau komputer itu sendiri agar dapat diproses di Hardware.

Contoh Hardware dan Software pada Komputer

Contoh Hardware:

1.Monitor:untuk menampilkan data agar dapat dilihat pengguna.
2.CPU :melakukan proses pengolahan data.
3.RAM:penyimpanan sementara data sebelum di proses di processor.
4.Keyboard&Mouse:media input data.
5.Hardisk:Media penyimpanan data.

Contoh Software:

1.Software aplikasi :misalnya Ms.Word,Ms.Excel,Chrome,Mozila.
2.Sistem Operasi :Windows,Linux,Dos,Mac OS,Unix.
3.Driver :penghubung perangkat keras pembantu dengan komputer.


Sekian pembahasan mengenai Hardware dan juga Software,semoga penjelasan yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda😃.

No comments:

Post a Comment