Tuesday, August 13, 2019

Cara Instal XAMPP di Windows dan Cara Menggunakannya


Bagi anda yang ingin membuat website pastinya memerlukan Domain dan juga Hosting.namun untuk membelinya pastinya memerlukan biaya.jika anda terburu-buru membelinya sebelum website anda siap untuk dipublikasikan pastinya akan membuat anda rugi dengan biaya yang dikeluarkan,semisal anda telah membeli domain dengan nama websiteku.com tetapi pada saat pembuatan anda menemukan nama domain lebih cocok untuk website anda yaitu websitekita.com pastinya ini akan membuat anda membeli domain lagi.dalam membuat website tidak dapat dipungkiri bahwa anda akan selalu memperbaiki website dari segi desain ataupun nama website yang menurut anda bisa menarik para visitor mengunjungi website anda.dalam membuat website juga diperlukan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu lebih baik membuat website secara offline terlebih dahalu sampai website siap di onlinekan melalui Localhost.apa itu Localhost??,pengertian Localhost adalah suatu cara untuk memanggil data website(.php/.html) dari komputer kita secara offline atau dapat dikatakan yang berperan sebagai server adalah komputer kita.Software yang paling umum digunakan untuk mengakses Localhost adalah XAMPP karena fitur-fiturnya yang lengkap,gratis dan mudah digunakan.

Fitur-Fitur yang disediakan XAMPP:

  • Apache
  • MySQL
  • FileZilla
  • Mercury
  • Tomcat
  • PhpMyAdmin(Admin untuk menyesuaikan database Localhost)
Di postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara instal XAMPP di Windows dan bagaimana cara menggunakannya untuk memanggil Localhost di komputer kita.

Cara Instal XAMPP di Windows

1.Dawnload terlebih dahulu XAMPP  melalui website Apache Friends disini.
Dawnload versi yang anda inginkan.

2.Setelah selesai dawnload,double klik pada software XAMPP yang telah di dawnload.
Nantinya akan tampil setup untuk instal XAMPP,klik next untuk melanjutkan proses instalasi software.

3.Centang semua komponen yang dibutuhkan.
Saat instalasi lebih baik anda mencentang seluruh komponen XAMPP yang akan diinstal,agar anda bisa menggunakan seluruh fitur yang disediakan oleh XAMPP.Lanjutkan instalasi dengan klik next.

4.Atur lokasi folder instalasi XAMPP.
Untuk lokasi default folder instal xampp adalah di "c:\xampp",anda bisa mengatur lokasi folder instalasi sesuai kemauan anda.setelah memilih lokasi folder lanjutkan dengan klik next.

5.Menu tentang Bitnami.
Halaman instalasi ini terdapat keterangan tentang Bitnami,biarkan checkbock terlist jika ingin mengetahui lebih tentang bitnami atau anda bisa mengabaikannya dengan unlist checkbock.Klik next untuk melanjutkan.

6.Klik next untuk melakukan instalasi,tunggu hingga proses instalasi selesai.

7.XAMPP berhasil terinstal dan siap untuk digunakan.
biarkan checkbock terlist jika ingin menjalankan XAMPP yang telah diinstal atau anda bisa mengabaikannya dengan unlist checkbock,klik finish untuk mengakhiri instalasi software.Saat anda buka aplikasi pertama kali pilih bahasa yang akan digunakan XAMPP,tersedia 2 bahasa yaitu USA dan Germany.

Cara Menggunakan XAMPP 

Untuk menggunakan XAMPP untuk memanggil Localhost yang pertama kita harus mengaktifakan Apache dan MySQL pada software terlebih dahulu.


Untuk memastikan apakah software XAMPP benar benar berhasil terinstal di laptop kita,buka software browser yang anda sukai di Laptop/Komputer dan masukkan url "localhost" di web browser kita,jika tampil seperti di bawah berarti XAMPP berhasil terinstal tanpa adanya masalah.

Sekian penjelasan mengenai bagaimana cara instal XAMPP di Windows dan bagaimana cara menggunkannya di Localhost,semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan apabila ada masalah saat instalasi anda bisa bertanya di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment