Thursday, August 8, 2019

Mengatasi Klik Kanan Touchped Laptop Tidak Berfungsi atau Rusak


Laptop merupakan alat yang sangat mempermudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan.Karena sering digunakan atau usia laptop yang sudah lama pastinya akan ada masalah pada hardware laptop yang bisa menghambat kita melakukan pekerjaan di laptop kita.Salah satu komponen terpenting di laptop adalaha Touchped,jika Touchped bermasalah pastinya akan menggangu kita dalam menggunkan laptop.Pengalaman saya Touchped saya pada bagian klik kanan pernah tidak berfungsi(error) dan yang lebih mengesalkan klik kanan Touchped laptop saya rusak tanpa tau sebabnya.

Di postingan saya kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi jika klik kanan Touchped kita tidak berfungsi(error) dan juga solusi bila klik kanan Touchped kita mengalami kerusakan.

Mengatasi Klik Kanan Touchped yang Error atau tidak berfungsi

Dengan Merubah Pengaturan Mouse di Control Panel

1.Klik setting->Control Panel->Cari dengan kata kunci "Mouse" di Control Panel.
2.Pilih Change mouse click setting.pada Mouse Properties yang tampil beri checklist pada Switch  primary and secondary button.dengan begitu fungsi klik kiri akan berfungsi sebagai klik kanan dan sebaliknya.

3.Coba gunakan klik kanan yang telah diatur menjadi klik kiri apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
4.Jika berfungsi dengan baik kembalikan setting ke awal dengan menghilangkan checklist pada switch primary and secondary buttons.biasanya klik kanan akan berfungsi seperti biasanya.

*Note:Cara diatas menggunakan Windows8 untuk Windows7,10 caranya hampir sama.

Dengan Membersihkan Touchped yang bermasalah

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin lama digunakan Toucped kita akan kemasukan debu atau lainnya yang bisa berdampak error pada bagian tertentu,oleh karena itu bersikan bagian dari touchped yang bermasalah/kotor dengan kain yang sedikit basah namun jangan terlalu basah atau juga bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran di dalamnya secara perlahan.biasanya setelah komponen yang bermasalah dibersihkan error pada komponen tersebut akan hilang.

Jika dua cara mengatasi klik kanan touchped yang error tadi tidak berfungsi berarti kemunginan klik kanan pada Touchped kita mengalami kerusakan.namun anda tidak perlu terburu buru memperbaikinya karena kita harus mengumpulkan biaya ratusan ribu terlebih dahulu agar bisa diperbaiki,anda sementara bisa mengakalinya dengan beberapa hal berikut.


Cara Mengakali Klik Kanan Touchped yang Rusak

Gunakan Mouse Sebagai Pengganti Touchped

Mouse dan Touchped memiliki fungsi yang sama dan yang membedakan adalah harga mouse jauh lebih murah jika dibandingkan Touchped.Anda bisa menggunakan Mouse untuk menggantikan fungsi Touchped sementara sampai anda telah memiliki uang yang cukup untuk memperbaikinya.

Gunakan Keyboard Sebagai Pengganti Klik Kanan(Shift+F10)

Bagi anda yang tidak mau ribet dengan membawa mouse hanya karena klik kanan yang rusak,anda bisa menggunakan keybord sebagai pengganti klik kanan yaitu dengan cara menekan tombol Shift+F10 secara bersamaan.semisal anda memilih folder atau file yang ingin anda pindahkan namun klik kanan anda rusak anda bisa menekan Shift+F10 bersamaan,tombol Shift+F10 memiliki fungsi yang sama dengan klik kanan.

Namun alangkah lebih baiknya jika anda membawa laptop anda  ke Service Center terdekat,dengan begitu anda bisa tau apa penyebabnya dan laptop anda dapat diperbaiki segera di sana.

Saran saya rawat baik baik laptop anda semisal kebersihan atau bagaimana anda menggunakannya, karena apabila salah satu komponen rusak untuk memperbaikinya memperlukan biaya yang tidak sedikit,bisa sampai ratusan ribu atau bahkan lebih dari satu juta biaya yang akan kita keluarkan untuk memperbaikinya.sekian penjelasan saya berdasarkan yang saya alami dan semoga bisa membantu masalah anda 😃.

2 comments: